Jumat, 06 November 2009

GDSS

Decision Support Sistem (DSS) atau SPK (Sistem Penunjang Keputusan)
adalah interaktif sistem berbasis komputer yang ditujukan untuk membantu pengambil keputusan menggunakan data untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah dan membuat keputusan. Ie: Yaitu: Pembanding/heuristik dan model matematika.
Suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi pemecahan masalah maupun kemampuan komunikasi dalam memecahkan masalah.
Group  Decision Support Systems (GDSS) - An interactive, computer-based system that facilitates solution of unstructured problems by a set of decision-makers working together asGroup Decision Support System (GDSS)
Sebuah interaktif, sistem berbasis komputer yang memfasilitasi penyelesaian masalah yang tidak terstruktur dengan serangkaian pembuat keputusan bekerja bersama sebagai sebuah kelompok. It aids groups, especially groups of managers, in analyzing problem situations and in performing group decision making taTerutama kelompok manajer, dalam menganalisa situasi masalah dan dalam pengambilan keputusan kelompok melakukan tugas.
Sistem Pendukung Keputusan kelompok yang berusaha memperbaiki komunikasi di antara para anggota kelompok dengan menyediakan lingkungan yang mendukung dan mendukung para pengambil keputusan dengan perangkat lunak GDSS yang disebut groupware.
Group Support Systems has come to mean computer software and hardware used to support group functions and processes. Group Dukung Systems
Telah datang ke komputer berarti perangkat lunak dan perangkat keras yang digunakan untuk mendukung fungsi dan proses kelompok
Konsep DDS
Tahap-tahap pengambilan keputusan Simon digunakan untuk menentukan struktur masalah. Masalah terstruktur merupakan suatu masalah yang memiliki struktur pada tiga tahap pertama Simon yaitu intelijen, rancangan dan pilihan. Masalah tidak terstruktur merupakan masalah yang sama sekali tidak memiliki struktur pada tiga tahap Simon. Masalah Semi Terstruktur, merupakan masalah yang memiliki struktur hanya pada satu atau dua tahap Simon.
Jenis-jenis DSS menurut Alter :
1. Mengambil elemen-elemen informasi (jenis yang memberikan dukungan paling sedikit)
2. Menganalisis seluruh file
3. Menyiapkan laporan dari berbagai file
4. Memperkirakan akibat keputusan
5. Mengusulkan keputusan
6. Membuat keputusan (jenis yang paling banyak memberikan dukungan)
Tujuan DSS
1. Membantu manajer membuat keputusan untuk memecahkan masalah
2. Mendukung penilaian manajer bukan mencoba menggantikannya
3. Meningkatkan efektivitas pengambilan keputusan manajer daripada efisiensi DSS dan SIM.
DSS fokus terhadap masalah-masalah semi terstruktur, SIM menyediakan informasi bagi manajer.
Sistem Pendukung Keputusan Berkelompok (GDSS)
- Konsep GDSS (Group Decision Support System), merupakan sistem berbasis computer yang mendukung kelompok-kelompok orang yang terlibat dalam suatu tugas bersama dan menyediakan interface bagi suatu lingkungan yang digunakan bersama. Istilah lainnya : GSS (group support system), CSCW (computer support cooperative work), CCWS (Computerized collaborative work support), EMS (electronic meeting system). Perangkat lunak yang digunakan disebut groupware.
- GDSS berkontribusi memecahkan masalah
Komunikasi yang lebih baik memungkinkan keputusan yang lebih baik. GDSS berkontribusi memecahkan masalah dengan menyediakan suatu pengaturan yang mendukung komunikasi.









Pengaturan Lingkungan GDSS
Ruang Keputusan, merupakan pengaturan untuk rapat kelompok kecil secara tatap muka. Ruangan tersebut medukung komunikasi melalui kombinasi perabot, peralatan dan tata letak.
Jaringan Keputusan Setempat (LAN), jika kelompok kecil tidak mungkin bertemu secara tatap muka, maka para anggota dapat berinteraksi melalui jaringan.
Pertemuan Legislatif, jika kelompok terlalu besar untuk ruang keputusan, maka pertemuan legislative diperlukan.
Konferensi Bermedia Komputer, beberapa aplikasi kantor virtual memungkinkan komunikasi antara kelompok-kelompok besar dengan anggota yang tersebar secara geografis.
Similarities  Between GDSS and DSS Kemiripan Antara GDSS dan DSS
Both  use models, data and  user-friendly software Keduanya menggunakan model, data dan perangkat lunak yang user-friendly
Both are interactive with “what-if” capabilities Keduanya interaktif dengan "bagaimana-jika" kemampuan
Both use internal and external data Keduanya menggunakan data internal dan eksternal
Both allow the decision maker to take an active role Keduanya memungkinkan pembuat keputusan untuk mengambil peran aktif
Both have flexible systems Keduanya memiliki sistem fleksibel
Both have graphical output Keduanya memiliki output grafis
Why  Use GMengapa Menggunakan GDSS?
High  level managers can spend  80% of their time  making decisions in  groups.  Applied correctly,  GDSS can reduce this  time, arriving at a  better decision faster. Manajer tingkat tinggi dapat menghabiskan 80% waktu mereka membuat keputusan dalam kelompok. Terapan benar, GDSS dapat mengurangi waktu ini, sampai pada suatu keputusan yang lebih baik lebih cepat.
GDSS provides the hardware, software, databases and procedures for effective decision making.GDSS menyediakan perangkat keras, perangkat lunak, database dan prosedur untuk pengambilan keputusan yang efektif.
Characteristics  of GDSS
Karakteristik GDSS
Special  Design Desain Khusus
Ease of use Kemudahan penggunaan
Specific and general support Spesifik dan dukungan umum
Suppressing negative group behavior Menekan perilaku kelompok negatif
Supporting positive group behavior Mendukung perilaku kelompok positif
Typical  GDSS Meeting Characteristics Karakteristik khas Meeting GDSS
Organizational  commitment/support Komitmen organisasi / support
Trained facilitators or may be user driven Melatih fasilitator atau pengguna dapat didorong
User training Pengguna pelatihan
Anonymity Anonimitas
Appropriate tasks Tugas sesuai
Dedicated decision rooms Keputusan Dedicated kamar
Advantages  of GDSS Keuntungan GDSS
Anonymity – drive out fear leading to better decisions from a diverse hierarchy of decision makers Anonimitas - mengusir rasa takut yang menyebabkan keputusan yang lebih baik dari berbagai pengambil keputusan hierarki.
Parallel Communication – eliminate monopolizing providing increased participation, better decisions Parallel Komunikasi - menghilangkan memonopoli memberikan peningkatan partisipasi, keputusan yang lebih baik.
Automated record keeping – no need to take notes, they're automatically recorded Pencatatan otomatis - tidak perlu mencatat, mereka secara otomatis dicatat.
Ability for virtual meetings – only need hardware, software and people connected Kemampuan untuk rapat virtual - hanya perlu perangkat keras, perangkat lunak dan orang-orang yang terhubung.
Portability - Can be set up to be portable… laptop Portabilitas - Dapat dibentuk untuk menjadi portable ke laptop.
Global Potential - People can be connected across the world Potensi global - Orang bisa terhubung di seluruh dunia.
No need for a computer guru – although some basic experience is a must Tidak perlu untuk guru komputer - meskipun beberapa pengalaman dasar adalah suatu keharusan.
Disadvantages  of GDSS Kekurangan GDSS
Cost –infrastructure costs to provide the hardware and software/room/network connectivity can be very expensive Biaya-biaya infrastruktur untuk menyediakan perangkat keras dan perangkat lunak / kamar / konektivitas jaringan bisa sangat mahal.
Security – especially true when companies rent the facilities for GDSS; also, the facilitator may be a lower-level employee who may leak information to peers Keamanan - terutama benar ketika perusahaan sewa fasilitas untuk GDSS; juga, fasilitator mungkin tingkat yang lebih rendah karyawan yang dapat membocorkan informasi kepada rekan.
Technical Failure – power loss, loss of connectivity, relies heavily on bandwidth and LAN/WAN infrastructure – properly setup system should minimize this risk Kegagalan teknis - daya yang hilang, kehilangan konektivitas, sangat bergantung pada bandwidth dan LAN / WAN infrastruktur - baik sistem setup harus meminimalkan risiko ini.
Keyboarding Skills – reduced participation may result due to frustration Keyboard Keterampilan - dikurangi partisipasi dapat mengakibatkan karena frustrasi.
Training – learning curve is present for users, varies by situation Pelatihan - kurva belajar hadir bagi pengguna, bervariasi dengan situasi.
Perception of messages – lack of verbal communication could lead to misinterpretation Persepsi pesan - kurangnya komunikasi verbal bisa mengakibatkan salah tafsir.
Typical  GDSS ProcessGDSS khas Proses
1)  Group Leader (and Facilitator?)  select software, develop  agenda 1) Group Leader (dan Fasilitator?) Pilih software, mengembangkan agenda.
2)  Participants meet (in  decision room/Internet) and  are given a task. 2) Peserta bertemu (dalam pengambilan kamar / Internet) dan diberikan tugas.
3)  Participants generate ideas  – brainstorm anonymously 3) Peserta menghasilkan gagasan - brainstorming anonim .
4)  Facilitator organize ideas  into categories (different  for user-driven software) 4) Fasilitator mengorganisasikan ide-ide ke dalam kategori (berbeda untuk pengguna berbasis perangkat lunak).
5)  Discussion and prioritization  – may involve ranking  by some criteria and/or  rating to the facilitators  scale 5) Diskusi dan prioritas - mungkin melibatkan peringkat oleh beberapa kriteria dan / atau rating skala fasilitator.
6)  Repeat Steps 3, 4,  5 as necessary 6) Ulangi Langkah 3, 4, 5 seperti yang diperlukan.
7)  Reach decision 7) Reach keputusan.
8)  Recommend providing feedback  on decision and results  to all involved 8) Kenalkan memberikan umpan balik pada hasil keputusan dan semua yang terlibat.

Future  Implications of GDSSImplikasi masa depan GDSS
Integrating  into existing corporate  framework Mengintegrasikan ke dalam kerangka kerja perusahaan yang ada.
GDSS brings changes which must be managed GDSS membawa perubahan yang harus dikelola.
GDSS will incorporate Artificial Intelligence and Expert Systems – the software will “learn” and help the users make better decisions GDSS akan menggabungkan Artificial Intelligence and Expert Systems - software akan "belajar" dan membantu pengguna membuat keputusan yang lebih baik.
Decreasing cost will allow more organizations to use GDSS Penurunan biaya akan memungkinkan banyak organisasi untuk menggunakan GDSS.
Increasing implementation of GDSS with the customer Meningkatkan pelaksanaan GDSS dengan pelanggan.
Customer voice their needs in non-threatening environment Suara Pelanggan kebutuhan mereka dalam lingkungan yang tidak mengancam.
Future  Implications of GDSS Implikasi masa depan GDSS
GDSS  may play a large  role in the future  of the virtual companies GDSS dapat memainkan peran besar di masa depan perusahaan virtual.
GDSS can help the virtual companies do business in the global business environment GDSS dapat membantu perusahaan virtual melakukan bisnis di lingkungan bisnis global.
GDSS can help promote a culturally diverse work environment GDSS dapat membantu mempromosikan budaya lingkungan kerja yang beragam.
Telework seems to make a lot of sense using GDSS Telework tampaknya membuat banyak akal menggunakan GDSS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar